Tujuan
Menggunakan Blender Bouncing Ball Exercise untuk mengenal tool animasi yang disediakan oleh blender.
Alat
Blender 2.6+
Bahan
(tanpa bahan)
Dasar Teori
A. Bouncing ball dilihat dari sudut pandang 12 prinsip animasi
1. Timing and Spacing
Timing berhubungan dengan durasi atau jumlah frame yang diperlukan
oleh sebuah action. timing yang tepat akan membuat sebuah action
tampil meyakinkan. berikut adalah penjelasan singkat tentang animasi
yang menggunakan timing yang tepat versus animasi dengan timing yang
kurang pas. Sedangkan spacing berhubungan dengan kecepatan sebuah
benda. apakah benda tersebut memiliki kecepatan konstan atau
dipercepat atau diperlambat atau kombinasi dipercepat dan diperlambat.
berikut adalah variasi-variasi spacing dalam proses pembuatan animasi.
2. Arcs (lintasan gerak)
Arcs artinya lengkungan. secara umum, di dunia nyata, hampir tidak ada gerakan lurus atau diagonal sempurna. semuanya ada lengkungannya.
Pada kasus bouncing ball across screen, lintasannya akan membentuk lengkungan sebagai berikut
B. Blender Dope Sheet Editor
Blender dopesheet editor digunakan untuk melihat property apa saja yang terpengaruh oleh sebuah keyframe.
C. Blender Graph Editor
Graph editor merupakan editor untuk memanipulasi spacing antar keyframe. Digunakan untuk mengimplementasikan ease in, ease out, dan constant movement.
D. Motion Paths
Motion path merupakan menu untuk menvisualkan kalkulasi gerakan yang dilakukan oleh blender. Salah satu kegunaan alat ini adalah untuk mengecek arcs dari sebuah gerak animasi.
Hasil Praktikum
No comments:
Post a Comment