Wednesday, October 1, 2014

MMB? - Multimedia Broadcasting

Apa sih Multimedia Broadcasting itu?

Multimedia Broadcasting (MMB) adalah salah satu jurusan di PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) yang sering juga disebut oleh mahasiswanya sebagai kampus perjuangan, kampus tradisi juara, dan ada juga yang menyebutnya kampus rimba. Dinaungi oleh Departemen Multimedia Kreatif, bersama dengan jurusan Game Technology. 

Di MMB ini selain harus kreatif kita juga dituntut untuk bisa elektronika. Awalnya saya kira jurusan MMB ini sama seperti DKV atau jurusan multimedia seperti di SMK saya dulu yang mempelajari konten visual saja, seperti film,animasi, web, fotografi, jurnalistik, tetapi ternyata selain belajar "multimedia", terdapat kata "broadcasting" yang menjadikan kita sebagai "Engineer" dan belajar mengenai elektronika serta telekomunikasi juga. Sungguh Departemen yang Kreatif -_-. 


Ada beberapa studio di MMB PENS ini. Salah satunya studio radio, tempat dimana kita belajar buat berani ngomong dan berkomunikasi dengan pendengar. Di dalam hal konten pada matkul radio ini kita belajar membuat jingle, mengatur suara dan musik juga. Dan sebagai engineer, kita belajar bagaimana mengolah sinyal audio saat siaran melalui control room.




No comments:

Post a Comment