Sunday, September 14, 2014

Praktikum 2 : Bouncing Ball Across The Screen

Apa itu Slow In & Slow Out?

Slow In dan Slow Out adalah sebuah gerak percepatan dan perlambatan. Dalam membuat sebuah animasi bola memantul, kita perlu mengatur jarak/spasi antar gambar dalam inbetween, sama seperti prinsip timing.

Pada saat suatu gerakan akan dimulai, kita bisa menempatkan gambar lebih banyak pada awal pose, satu atau dua di tengah dan beberapa gambar di akhir pose.
Teknik “slow out” biasanya ditempatkan pada akhir suatu gerakan/pose dan “slow in” ditempatkan pada awal pose berikutnya.


Gambar yang lebih sedikit membuat gerakan lebih cepat
Gambar yang lebih banyak membuat gerakan menjadi lambat



Slow-ins dan slow-outs akan memperhalus gerakan, membuatnya kelihatan lebih hidup. Untuk adegan yang lucu, kita bisa menghilangkan penerapan gerakan slow-out atau slow-ins untuk menggambarkan keterkejutan atau kekagetan.

sumber : http://anazdesign.wordpress.com/2012/10/22/prinsip-prinsip-animasi/

 How to Make Bouncing Ball Across The Screen

Tujuan dari praktikum kali ini adalah Mahasiswa mampu membuat animasi bola memantul dengan efek percepatan dan perlambatan pada aplikasi Pencil 2D

Peralatan yang digunakan adalah sebuah laptop, Pen Tab, disini saya menggunakan Wacom. Dan aplikasi Pencil 2D

Cara membuat :
1. Buatlah sebuah garis pada bitmap layer dengan mengunakan Pencil Tool (N)

 2. Dengan menggunakan Pen Tool (P), buatlah bola pada vector layer



 3. Pada vector layer, duplicate frame di frame 5. dan geser bola hingga mendekati garis. Ini digunakan untuk membuat patokan batas frame awal dan akhir bola memantul.

4. Duplicate frame pada frame 4, dan geser bola di tengah untuk membuat jarak

 5. Duplicate frame pada frame 2 dan 3, geser bola lebih rapat daripada di frame 4 sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk memberikan efek Slow In (percepatan) saat bola jatuh ke bawah

 6. Duplicate frame pada frame-frame selanjutnya (hingga bola mencapai ujung dari garis pada bitmap layer), dan geser bola sesuai dengan timing yang tepat, saat bola memantul keatas gunakan efek Slow Out (perlambatan) itu berarti bola renggang di awal, kemudian merapat di akhir. 

7. Selamat mencoba :)

Hasil Percobaan










No comments:

Post a Comment